Jumat, 23 September 2011

BAGUUUUUUUUUUUUUUSSSSSS


Sebenarnya ada banyak hal yg didapat dari tubuh kita untuk meningkatkan kekuatan spiritual pada diri kita dalam kehidupan ini, seperti:
MATA
            Mata dapat digunakan untuk melihat keadaan di sekitar kita. Disaat kita ingin melihat/menambah kekuatan spiritual kita, cobalah kita lihat mata kita menengadah ke langit. Di langit terdapat berbagai macam-macam benda baik langit, bintang, awan dsb.
Ketika kita melihat ke atas. Kita dapat mengambil pelajaran di dalam kehidupan kita bahwa langit itu Unlimited (tidak terbatas). Kita bisa melakukan apa saja dalam kehidupan kita & mempraktekannya.

Ketika kita jenuh ataupun stress pada masalah yang kita hadapi. Selama ini kita hidup selalu berada pada kotaknya (dikotak-kotak/disekat-sekat). Sebagai contoh: dari SD mulai kelas 1-6; SMP dan SMU kelas 1-3/ 7-12, begitupun juga dengan kuliah..Ada terdapat berbagai macam fakultas yang  telah dibagi-bagi  menurut keahliannya. Ketika kita jenuh/tidak terinspirasi, Maka mata dapat digunakan untuk melihat ke langit-langit bahwa didalam kehidupan itu kita harus keluar dari kotak-kotak yang selama ini membuat kita jenuh.

Dengan melihat ke atas langit..kita bisa mengambil Hikmah bahwa hidup kita tidak terbatas, kita bisa melakukan apapun yang kita inginkan selama itu positif dan bermanfaat bagi diri kita. Sebagai contoh: Gunung.Yang didapat hikmah dari melihat gunung adalah melatih kita untuk tegar menghadapi hidup dan cobaan  yang selalu datang, seperti gunung yang kokoh dan tidak goyah.. (kecuali sunnatullah, ujian maupun azab yang datangnya dari Alloh SWT yaitu berupa letusan gunung berapi, ataupun gempa bumi).

contoh lain laut. Kita  bisa melihat persoalan yang terjadi tidak hanya dari atas permukaan laut saja, tapi kita menyadari didalam laut terdapat kedalaman yang cukup luas. Disini mengajarkan kita melatih spiritual kita dalam menghadapi masalah tidak hanya dari luar persoalan tapi keseluruhan persoalan seperti apa, kapan, dimana, bagaimana terjadinya laut atau lainnya.

Mata yang baik selayaknya dapat dipergunakan untuk menjangkau serta membaca,merenungi alam semesta maupun dipergunakan untuk melihat, merenungi, ataupun mengkaji ayat-ayat Alloh sehingga mendapat manfaat bagi spiritual hidup kita.

TELINGA 
            Kita bisa melatih spiritual kita dan menambahnya dengan melihat atau  mendengar Natural Musik<musik alami tanpa rekayasa> seperti: kicauan burung yang bervariasi dari bermacam suara kicauan burung atau suara percikan air yg dapat membuat Hati kita tenang&dapat menimbulkan inspirasi bagi diri kita.

Telinga dapat pula kita gunakan untuk mendengar lantunan ayat suci Al-Qur'an yang dapat membuat hati ini menjadi tenang

Allah telah menurunkan perkataan yang baik (yaitu) Al-Qur'an yang serupa lagi berulang-ulang, gementar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah.Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya.Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, maka tidak ada seorangpun pemberi petunjuk baginya (Q.S. Az-Zumar:23).

LIDAH
           Dengan membiasakan melatih berkata yang baik (positif) dalam kehidupan dengan cara misalnya membuat semacam agenda selama 1 hari lebih banyak mana apakah kita berkata + or - ??

Cobalah, ketika kita menjalani kehidupan didalam berinteraksi sesama teman, Pimpinan, karyawan/anak buah,anak dll. Maka kita akan dapat menambah spiritual kita dengan selalu berkata baik dan  berpikir positif.

TANGAN
            Dengan banyak kita memberi kepada orang yang membutuhkan, dapat juga menambah spiritual kita. Intinya sech ikhlas beramal dan luruskan niat sebab dengan ikhlas itu dapat membuat hidup menjadi lebih tenang.

ketahuilah: Semua Manusia itu akan binasa, kecuali yang berpengetahuan. Semua yang berpengetahuan itu akan binasa, kecuali yang beramal. Semua yg beramal itu akan binasa kecuali orang-orang yang ikhlas

Rasulullah SAW bersabda: Orang yang kaya itu bukanlah kaya harta, jabatan, ataupun lainnya tetapi orang yang kaya adalah org yang kaya akan batinnya. Dengan lebih banyak memberi kepada orang yang membutuhkan kita akan menjadi kaya hati. Selain itu juga berjabat tangan dapat juga menambah daya spiritual kita. Dengan membiasakan diri menjabat tangan kepada semua orang akan menimbulkan rasa tenang, bersahabat, ikatan persaudaraan yg akrab or etc.

KAKI
            Wah ini nech..yang selalu bergerak melangkah setiap harinya.. Dengan membiasakan kita melangkah ke tempat-tempat yang positif akan membuat kita menyadari arti khidupan ini, Bahwa kita tidak selamanya hidup kekal didunia ini..kita tidak mungkin selalu mengikuti glamournya dunia malam ataupun  berjingkrakan mendengarkan konser musik yang sesaat yg kesemuanya itu hanyalah kesenangan hidup belaka dan sesaat yang kurang manfaat.

Contoh melangkah kaki ke arah positif. Seperti: Ke Rumah Sakit<UGD, ICU>

Disini kita bisa menyadari& mensyukuri arti kehidupan, bahwa diantara kesenangan yang kita jalani ternyata masih ada orang yang mengalami musibah dan tidak seberuntung kita ini..Kita m’yadari arti khidupan dan menjalani kehidupan dengan rasa syukur bahwa kita masih diberi umur yang panjang  oleh Alloh SWT dan selalu mendoakan kebaikan bagi orang yang tertimpa musibah ataupun kesulitan.

Hal inilah yang dapat menambah Spiritual Power bagi diri kita, untuk selalu positif, berbuat baik dsb.
contoh lainnya yaitu dengan melangkahkan kaki ke kuburan <ekspedisi>.he3x, melihat keadaan sekitar kita, kehidupan orang-orang yang berada  dibawah garis kemiskinan & miskinnya ilmu.

So, jadilah orang yang bermanfaat bagi smuanya termasuk bg diri kita sendiri, bukankah sebaik-baik manusia itu adalah orang yang paling banyak manfaatnya.

AKAL
            Dengan diberi masukan/data  yang baik dan proses didalam otak sehingga menghasilkan output yang baik jua, begitupun sebaliknya ataupun mungkin didalam input kita tidak selamanya data tersebut baik/berguna bagi kita, terkadang didalamnya terdapat hal yang negatif seperti prasangka buruk (su'udzon)

Dalam lingkup komputer mslnya didlm disket tdp virus  yang dapat menghasilkan output yang tidak baik yang akan mrusak isi/bagian dalam komputer itu sendiri..Dengan diberi akal kita bisa menyeleksi mana yang terbaik untuk kita, maka itulah yang kita ambil..mau memilih Norton antivirus,  mcafee, disk doctor, smadav, ansav etc atau kesemuanya?? :)

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang, terdapat tanda-tanda kekuasaan Tuhan utk mereka yang berpikiran..” (Q.S.Ali-Imran:190)

“Dan tdk ada seorangpun akan beriman, kecuali dengan izin AllAh. Dan dia memandang hina terhadap orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya” (Q.S.Yunus:100)

“Sesungguhnya telah kami sediakan untuk penghuni Neraka itu banyak jin&manusia. Mereka mempunyai hati tetapi mereka tidak mempergunakan untuk memahami ayat-ayat Allah, mempunyai mata tetapi tidak dipergunakan untuk melihat, menghayati tanda-tanda kekuasaan Allah, dan mempunyai telinga tetapi tidak dipergunakan untuk mendengar ayat2 Allah. Mereka tidak ubahnya seperti binatang ternak, bahkan lebih sesat lagi. Mereka orang-orang yang alpa.” (Q.S.Al-Baqarah:179)

(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah hanya dengan mengingat Allah lah hati menjadi tentram (Ar-ra’ad:28).

Top of Form
Bottom of Form

Tidak ada komentar: